by Admin | Category Event |

3 Komentar

kardopafm.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap memantau perkembangan penanganan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung. Hal tersebut ditandai dengan kedatangan tenaga ahli kepresidenan, BNPB, dan tim Kementerian PU-PERA ke Kabupaten Karo baru-baru ini.

Tenaga ahli kepresidenan yang datang ke Kabupaten Karo adalah Yuni Rusdinar (Wakil Deputi I Bidang Pengendalian Pembangunan Program Prioritas), Ferdi Alfriska, dan Adde Reza Arafat. Lalu, Gatot Sudjono (Kabudit Pemulihan dan Peningkatan Sosial BNPB), Darwin Sitinjak (Kabsubdit Estimasi Pembiayaan), Afif Alfian (Kasi Pemulihan Ekonomi), dan Rambat Prasetya Adi sebagai Kasi Estimasi Pembiayaan Pembangunan.

Yuni Rusdinar menyampaikan penanganan Sinabung memang berbeda dengan Merapi atau daerah lainnya. Dikatakan, Sinabung sudah memakan waktu yang sangat lama dan pusat memahami kesulitan yang dialami oleh Pemkab Karo. Untuk itu, pusat dan daerah harus lebih antisipatif untuk masalah-masalah yang ada.

Terkait masalah dana siap pakai yang belum dicairkan, Yuni meminta BNPB agar membuat suatu format pertanggungjawaban yang harus diikuti Pemkab Karo. Ketika rapat berlangsung, Saleh Sembiring (koordinator Posko Tongkoh) hadir dan menyampaikan masalah yang dihadapi para pengungsi di posko tersebut.

Saleh Sembiring menyatakan bahwa sudah seminggu pasokan logistik tidak ada masuk ke posko. Bahan-bahan pokok seperti sayur mayur, gas, minyak goreng, keperluan mandi, dan air bersih minim ditambah MCK sudah menumpuk di mana petugas sedot tinja enggan datang karena tidak mendapat memiliki biaya bensin. Demikian juga stok obat-obatan.

Sekdakab Karo, Saberina Mars, menyampaikan tiga permasalahan yang dihadapi Karo saat ini dalam penanganan pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung adalah pengungsi yang sudah mengungsi, pengungsi yang tidak mengungsi serta pengungsi yang sudah direlokasi dan belum direlokasi.

Saat ini, ada tiga desa yang direlokasi ke Desa Relokasi Siosar yaitu Desa Bekerah, Simacem, dan Suka Meriah. Namun masih 180 KK yang sudah mendapatkan lahan pertanian melalui proses pengungsian, sedangkan sisanya masih dalam proses. Sekolah darurat juga sudah dibangun di Siosar.

Bupati Karo, Terkelin Brahmana, menyampaikan pihaknya masih memiliki kendala. Adapun kendala dimaksud adalah Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sejahtera, dan Kartu Indonesia Sehat belum seluruhnya dapat diberikan kepada para pengungsi.

 

0 Comments

Berikan Komentar Anda

Komentar anda akan kami konfirmasi terlebih dahulu.

ADDRESS

  • Address: Jl Iskandar Muda No 117 A Medan
    Kode Pos 20119
  • Email: info@kardopafm.co.id
  • Email: marketing@kardopafm.co.id
  • Website: www.kardopafm.co.id
  • Telp 061 4524 757 /061-4147 874 / 061-4157 478

GALLERY

  • 01 (254)
  • 01 (254)
  • 01 (254)
  • 01 (254)